Cara menyembunyikan semua file dan folder di android tanpa aplikasi

Hai sobat dutakonten, sudah sangat lama blog ini tidak update artikel, maklum sob, banyak sekali yang harus diselesaikan, menyibukkan diri.

Cara menyembunyikan file dan folder tanpa aplikasi tambahan di hp

Setelah buka email, ternyata ada salah satu pembaca setia blog dutakonten yang bertanya, " bagaimana cara menyembunyikan file foto maupun video tanpa menggunakan aplikasi tambahan di android ", sangat mudah sebenarnya, dan memang sengaja tidak saya balas pertanyaan tersebut via e-mail, karena alangkah baiknya jika jawaban tersebut saya tulis di blog, siapa tahu jawaban tersebut juga dibutuhkan orang lain.

Ada banyak sekali alasan kenapa terkadang harus menyembunyikan file foto maupun video yang ada di smartphone kita, untuk alasan tersebut hanya pribadi masing masing yang tahu, tetapi pada intinya, file tersebut pasti sangat privasi yang tidak boleh sembarang orang tahu.

Cara menyenbunyikan file foto atau video di android tanpa harus instal aplikasi tambahan adalah dengan cara menambahkan karakter titik di awal nama filte tersebut, contoh nama file foto atau video anda adalah " artis cantik tahun 2000 " maka akan menjadi ( .artis cantik tahun 2000 ), dengan menggunakan karakter titik, maka file anda akan langsung tersembunyi.

Lalu bagaimana cara memunculkan kembali ?

Karena file yang sudah anda edit dengan menambahkan katakter titik di awal nama file tersebut tersembunyi, untuk memunculkan kembali caranya sangat mudah, yaitu dengan cara klik pengaturan file manager, lalu cari tulisan tampilkan file tersebunyi, ingat...!!! pengaturan file manager, bukan pengaturan hp. Lihat gambar dibawah.
Dengan anda klik tampilkan file tersebunyi, maka secara otomatis file yang sudah anda beri titik di awal nama akan muncul kembali, dan jika ingin menyembunyikannya lagi, maka anda bisa non aktifkan tulisan tampilkan file tersebunyi. dengan begitu, nama file yang sudah anda edit juga akan kembali tersebunyi.

Cara ini berlaku tidak hanya untuk file foto ataupun video saja, bisa juga anda gunakan untuk menyembunyikan folder, caranya sama, yaitu dengan memberikan titik di awal nama folder.

Dengan menggunakan cara ini, beban hp anda tidak akan bertambah karena harus instal aplikasi tambahan.

saya kira sudah sangat jelas penjelasan di atas, jika masih bingung, silahkan di ulangi sekali lagi dan baca secara perlahan lahan.

Ok sob, saya anggap kalian semua sudah paham, kalau belum paham ya tetap saya anggap paham, biar tidak panjang kebawah nulisnya.

Silahkan dicoba cara menyembunyikan file atau folder di file manager hp android tanpa aplikasi tambahan ini.
Baca Juga